Selasa, 10 Januari 2012

Analisa Struktur Organisasi dan Tupoksi Manajemen Sekolah

RENCANA TINDAK (ACTION PLAN)
ON THE JOB LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH WORAWARI
 Nama OJL  : Arif Widyatma
 Unit Kerja    : SD Muhammadiyah Banjaran Banjaran
Angket untuk Kepala Sekolah
No
Uraian Kegiatan
Indikator Keberhasilan
Waktu (tgl/bln/th)
Ya
Tidak
Komponen
1
Analisis struktur organisasi sekolah


a.   Struktur organisasi sekolah berisi sistem penyelenggaraan dan administrasi yang diuraikan jelas dan transparan.



b.   Semua pimpinan, pendidik, dan tenaga kependidikan mempunyai uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi sekolah.


c.   Pedoman yang mengatur struktur organisasi sekolah:


1)  Memasukkan unsur staf administrasi dengan wewenang dan tanggung jawab yang jelas;


2)  Dievaluasi secara berkala untuk melihat efektifitas mekanisme kerja pengelolaan sekolah;


3)   Diputuskan oleh kepala sekolah dengan mempertimbangkan pendapat dari komite sekolah.

Analisis tugas pokok dan fungsi manajemen sekolah.


a.   Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan;



b.   Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan;


c.   Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolahsecara optimal;


d.   Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif;


e.   Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran siswa;


f.    Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal;


g.   Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal;


h.   Mengelola hubungan sekolahdan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah;


i.    Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik;


j.    Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai arah dan tujuan pendidikan nasional;


k.   Mengelola keuangan sekolah sesuai prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, &  efisien;


l.    Mengelola ketatausahaan sekolahdalam mendukung pencapaian tujuan sekolah;


m. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik;


n.   Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan;


o.   Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah;


p.   Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelak-sanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
No
Uraian Kegiatan
Indikator Keberhasilan
Waktu (tgl/bln/th)
Ya
Tidak
Komponen
2
Analisis RKJM
(4-5 tahunan)


a.    Kepala sekolah membentuk dan menugaskan tim kerja sekolah untuk menyusun rencana kerja sekolah;



b.    Kepala sekolah memberikan arahan teknis tentang penyusunan rencana kerja sekolah yang sekurang-kurangnya memuat:


1)  Dasar penyusunan rencana kerja sekolah


2)  Tujuan yang ingin dicapai dalam penyusunan rencana kerja sekolah


3)  Manfaat penyusunan rencana kerja sekolah


4)  Hasil yang diharapkan dari penyusunan rencana kerja sekolah


5)  Unsur-unsur yang terlibat dan uraian tugasnya dalam penyusunan rencana kerja sekolah.


c.   Tim kerja sekolah menyusun rencana kegiatan penyusunan rencana kerja sekolah sekurang-kurangnya berisi uraian kegiatan, sasaran/hasil, pelaksana, dan jadwal pelaksanaan, mencakup kegiatan:


d.   Pengumpulan bahan/data dan penyusunan draf Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);


e.   Pembahasan, dan Reviu draf Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);


f.    Finalisasi hasil revisi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);


g.   Penandatanganan dokumen RKJM;


h.   Penyusunan draf Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);


i.     Pembahasan dan reviu draf Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);


j.     Finalisasi hasil revisi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);


k.   Penandatanganan dokumen RKAS;


l.    Tim kerja sekolah mengumpulkan, mengolah data dan informasi dan menyusun draf rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM), yang mencakup:


1)  Pendahuluan


2)  Dasar kebijakan


3)  Identifikasi tantangan nyata berdasarkan analisis konteks


4)  Analisis Kondisi


5)  Program Strategis


6)  Strategi Pencapaian


7)  Monitoring dan Evaluasi


8)  Lampiran-lampiran


m. Kepala sekolah bersama tim kerja, dewan guru, dan komite sekolah melakukan reviu dan revisi draf rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM);


n.   Tim kerja melakukan finalisasi hasil revisi rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM);


o.   Kepala sekolah menandatangani hasil finalisasi rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM) menjadi rencana strategis (renstra) sekolah;






No
Uraian Kegiatan
Indikator Keberhasilan
Waktu (tgl/bln/th)
Ya
Tidak
Komponen
3
Analisis RKAS
(1 tahunan)


a.    Tim kerja sekolah mengidentifikasi prioritas program/ kegiatan dan menyusun draf rencana kerja tahunan (RKT) yang mencakup:



1)  Pendahuluan


2)  Dasar kebijakan


3)  Tujuan/Sasaran


4)  Rencana Kerja dan Biaya untuk Pencapaian Sasaran


5)  Jadwal Pelaksanaan Rencana Kegiatan


6)  Penanggung jawab Kegiatan


b.   Kepala sekolah bersama tim kerja, dewan guru, dan komite sekolah melakukan reviu dan revisi draf RKT;


c.   Tim kerja melakukan finalisasi hasil revisi rencana kerja tahunan;


d.   Kepala sekolah menandatangani hasil finalisasi RKT menjadi RKAS.


e.   Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai:


1)  Kesiswaan;


2)  Kurikulum dan kegiatan pembelajaran;


3)  Pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;


4)  Sarana dan prasarana;


5)  Keuangan dan pembiayaan;


6)  Budaya dan lingkungan sekolah;


7)  Peranserta masyarakat dan kemitraan;


8)   Rencana-rencana kerja lain yang mengarah ke-pada peningkatan dan pengembangan mutu.


f.    Disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolahdan disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Pada sekolahswasta rencana kerja ini disahkan berlakunya oleh penyelenggara sekolah;


g.    Dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
Sentolo,    Januari 2012
Mengetahui/Menyetujui,                                                                Peserta OJL,
Kepala sekolah SD Muh. Worawari



HARTUTIK, S.Pd.SD                                                                    ARIF WIDYATMA
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar