RENCANA TINDAK (ACTION PLAN)
ON THE JOB
LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH WORAWARI
Nama OJL : Arif Widyatma
Unit
Kerja : SD Muhammadiyah Banjaran Banjaran
Angket untuk Kepala Sekolah
No
|
Uraian Kegiatan
|
Indikator Keberhasilan
|
Waktu (tgl/bln/th)
|
||
Ya
|
Tidak
|
Komponen
|
|||
1
|
Analisis struktur
organisasi sekolah
|
|
|
a.
Struktur
organisasi sekolah berisi sistem penyelenggaraan dan administrasi yang
diuraikan jelas dan transparan.
|
|
|
|
b. Semua pimpinan, pendidik, dan tenaga
kependidikan mempunyai uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas
tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi sekolah.
|
|||
|
|
c.
Pedoman
yang mengatur struktur organisasi sekolah:
|
|||
|
|
1) Memasukkan unsur staf administrasi dengan wewenang
dan tanggung jawab yang jelas;
|
|||
|
|
2) Dievaluasi secara berkala untuk melihat efektifitas
mekanisme kerja pengelolaan sekolah;
|
|||
|
|
3) Diputuskan oleh
kepala sekolah dengan mempertimbangkan pendapat dari komite sekolah.
|
|||
|
Analisis tugas pokok
dan fungsi manajemen sekolah.
|
|
|
a.
Menyusun perencanaan
sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan;
|
|
|
|
b. Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan;
|
|||
|
|
c. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolahsecara
optimal;
|
|||
|
|
d. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar
yang efektif;
|
|||
|
|
e. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran siswa;
|
|||
|
|
f. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia
secara optimal;
|
|||
|
|
g. Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara
optimal;
|
|||
|
|
h. Mengelola hubungan sekolahdan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan
ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah;
|
|||
|
|
i. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan
penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik;
|
|||
|
|
j. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai arah
dan tujuan pendidikan nasional;
|
|||
|
|
k. Mengelola keuangan sekolah sesuai prinsip
pengelolaan yang akuntabel, transparan, & efisien;
|
|||
|
|
l. Mengelola ketatausahaan sekolahdalam mendukung pencapaian tujuan sekolah;
|
|||
|
|
m. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan
kegiatan peserta didik;
|
|||
|
|
n. Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan;
|
|||
|
|
o. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran
dan manajemen sekolah;
|
|||
|
|
p. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelak-sanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
|
|||
No
|
Uraian Kegiatan
|
Indikator Keberhasilan
|
Waktu (tgl/bln/th)
|
||
Ya
|
Tidak
|
Komponen
|
|||
2
|
Analisis RKJM
(4-5 tahunan)
|
|
|
a. Kepala
sekolah membentuk dan menugaskan tim kerja sekolah untuk menyusun rencana
kerja sekolah;
|
|
|
|
b. Kepala
sekolah memberikan arahan teknis tentang penyusunan rencana kerja sekolah
yang sekurang-kurangnya memuat:
|
|||
|
|
1) Dasar
penyusunan rencana kerja sekolah
|
|||
|
|
2) Tujuan
yang ingin dicapai dalam penyusunan rencana kerja sekolah
|
|||
|
|
3) Manfaat
penyusunan rencana kerja sekolah
|
|||
|
|
4) Hasil
yang diharapkan dari penyusunan rencana kerja sekolah
|
|||
|
|
5) Unsur-unsur
yang terlibat dan uraian tugasnya dalam penyusunan rencana kerja sekolah.
|
|||
|
|
c. Tim
kerja sekolah menyusun rencana kegiatan penyusunan rencana kerja sekolah
sekurang-kurangnya berisi uraian kegiatan, sasaran/hasil, pelaksana, dan
jadwal pelaksanaan, mencakup kegiatan:
|
|||
|
|
d. Pengumpulan
bahan/data dan penyusunan draf Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);
|
|||
|
|
e. Pembahasan,
dan Reviu draf Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);
|
|||
|
|
f. Finalisasi
hasil revisi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM);
|
|||
|
|
g. Penandatanganan
dokumen RKJM;
|
|||
|
|
h. Penyusunan
draf Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);
|
|||
|
|
i. Pembahasan
dan reviu draf Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);
|
|||
|
|
j. Finalisasi
hasil revisi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);
|
|||
|
|
k. Penandatanganan
dokumen RKAS;
|
|||
|
|
l. Tim
kerja sekolah mengumpulkan, mengolah data dan informasi dan menyusun draf
rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM), yang mencakup:
|
|||
|
|
1) Pendahuluan
|
|||
|
|
2) Dasar
kebijakan
|
|||
|
|
3) Identifikasi
tantangan nyata berdasarkan analisis konteks
|
|||
|
|
4) Analisis
Kondisi
|
|||
|
|
5) Program
Strategis
|
|||
|
|
6) Strategi
Pencapaian
|
|||
|
|
7) Monitoring
dan Evaluasi
|
|||
|
|
8) Lampiran-lampiran
|
|||
|
|
m. Kepala
sekolah bersama tim kerja, dewan guru, dan komite sekolah melakukan reviu dan
revisi draf rencana kerja sekolah jangka menengah (RKJM);
|
|||
|
|
n. Tim
kerja melakukan finalisasi hasil revisi rencana kerja sekolah jangka menengah
(RKJM);
|
|||
|
|
o. Kepala
sekolah menandatangani hasil finalisasi rencana kerja sekolah jangka menengah
(RKJM) menjadi rencana strategis (renstra) sekolah;
|
No
|
Uraian Kegiatan
|
Indikator Keberhasilan
|
Waktu (tgl/bln/th)
|
||
Ya
|
Tidak
|
Komponen
|
|||
3
|
Analisis RKAS
(1 tahunan)
|
|
|
a.
Tim kerja sekolah mengidentifikasi
prioritas program/ kegiatan dan menyusun draf rencana kerja tahunan (RKT)
yang mencakup:
|
|
|
|
1) Pendahuluan
|
|||
|
|
2) Dasar
kebijakan
|
|||
|
|
3) Tujuan/Sasaran
|
|||
|
|
4) Rencana
Kerja dan Biaya untuk Pencapaian Sasaran
|
|||
|
|
5) Jadwal
Pelaksanaan Rencana Kegiatan
|
|||
|
|
6) Penanggung
jawab Kegiatan
|
|||
|
|
b. Kepala
sekolah bersama tim kerja, dewan guru, dan komite sekolah melakukan reviu dan
revisi draf RKT;
|
|||
|
|
c. Tim
kerja melakukan finalisasi hasil revisi rencana kerja tahunan;
|
|||
|
|
d.
Kepala sekolah menandatangani
hasil finalisasi RKT menjadi RKAS.
|
|||
|
|
e. Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas
mengenai:
|
|||
|
|
1) Kesiswaan;
|
|||
|
|
2) Kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
|
|||
|
|
3) Pendidik dan tenaga kependidikan serta
pengembangannya;
|
|||
|
|
4) Sarana dan prasarana;
|
|||
|
|
5) Keuangan dan pembiayaan;
|
|||
|
|
6) Budaya dan lingkungan sekolah;
|
|||
|
|
7) Peranserta masyarakat dan kemitraan;
|
|||
|
|
8) Rencana-rencana
kerja lain yang mengarah ke-pada peningkatan dan pengembangan mutu.
|
|||
|
|
f. Disetujui rapat dewan pendidik setelah
memperhatikan pertimbangan dari komite sekolahdan disahkan berlakunya oleh
dinas pendidikan kabupaten/kota. Pada sekolahswasta rencana kerja ini
disahkan berlakunya oleh penyelenggara sekolah;
|
|||
|
|
g. Dituangkan
dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
|
Sentolo, Januari 2012
Mengetahui/Menyetujui, Peserta OJL,
Kepala sekolah SD Muh. Worawari
HARTUTIK,
S.Pd.SD ARIF WIDYATMA
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar